Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Implementasi Panduan Rekrutmen Guru di Sekolah

Sigit Maulana Ismanda (Unknown)
Ria Junita Tampubolon (Unknown)
Esa Wasgita (Unknown)
Wildansyah Lubis (Unknown)
Arif Rahman (Unknown)
Saut Purba (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi panduan rekrutmen guru di SMP Swasta Tunas Bangsa dengan fokus pada mekanisme pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya terhadap kualitas tenaga pendidik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, tim rekrutmen, guru, dan pejabat yayasan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi panduan rekrutmen telah meningkatkan kualitas seleksi guru melalui tahapan sistematis, termasuk micro-teaching sebagai indikator utama kompetensi mengajar. Faktor pendukung utama meliputi kebijakan yayasan, dukungan finansial, dan sistem dokumentasi yang baik, sedangkan kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan waktu dan sulitnya mendapatkan kandidat berkualitas dalam bidang tertentu. Implementasi panduan ini berkontribusi pada peningkatan tingkat retensi guru serta efisiensi proses rekrutmen, dengan rekomendasi perbaikan berupa pengembangan instrumen penilaian lebih komprehensif dan integrasi teknologi dalam seleksi calon guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...