Cendikia Pendidikan
Vol. 13 No. 7 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

ANALISIS IMPLEMENTASI MATERI IPS DI SMP PAB 10 MEDAN ESTATE

Lumbantungkup, Rosa Delima (Unknown)
Anisa Muftih (Unknown)
Duma Yanti Situmorang (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa implementasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP PAB 10 Medan Estate dalam kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah metode pembelajaran yang efektif, ketersediaan sumber belajar, dan metode evaluasi yang digunakan dalam silabus IPS kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknik pembelajaran berbasis siswa, seperti observasi, analisis data, dan diskusi kelompok, telah digunakan, sumber belajar yang tersedia dan pemahaman siswa tentang konsep abstrak masih menjadi masalah. Tes tertulis, penilaian lisan, dan tugas berbasis proyek adalah metode evaluasi pembelajaran yang digunakan; mereka secara umum efektif, tetapi masih membutuhkan lebih banyak pilihan instrumen penilaian dan lebih banyak keobjektifan. Studi ini memberikan wawasan tentang tantangan dan peluang yang terkait dengan penerapan Kurikulum 2013 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SMP.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...