Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa implementasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP PAB 10 Medan Estate dalam kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah metode pembelajaran yang efektif, ketersediaan sumber belajar, dan metode evaluasi yang digunakan dalam silabus IPS kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknik pembelajaran berbasis siswa, seperti observasi, analisis data, dan diskusi kelompok, telah digunakan, sumber belajar yang tersedia dan pemahaman siswa tentang konsep abstrak masih menjadi masalah. Tes tertulis, penilaian lisan, dan tugas berbasis proyek adalah metode evaluasi pembelajaran yang digunakan; mereka secara umum efektif, tetapi masih membutuhkan lebih banyak pilihan instrumen penilaian dan lebih banyak keobjektifan. Studi ini memberikan wawasan tentang tantangan dan peluang yang terkait dengan penerapan Kurikulum 2013 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SMP.
Copyrights © 2025