ABDIMAS SILIWANGI
Vol. 8 No. 1 (2025): Februari 2025

Meningkatkan minat baca dan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak menggunakan cergam di Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Kuningan

Budie Nugroho, Muhammad Aprianto (Unknown)
Oktoma, Erwin (Unknown)
Yuniarti, Yuniarti (Unknown)
Afifah, Yasmin (Unknown)
Fathonah, Nazmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan minat belajar Bahasa Inggris di kalangan anak-anak di Komplek Perumahan Graha Mutiara, Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Kuningan. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh tim dari Universitas Kuningan, dengan dukungan dari Bu Vina Agustiana, M.Pd, pemilik Linggar Course. Pemilihan lokasi program didasarkan pada rekomendasi dari stakeholders setempat. Kegiatan ini dilakukan dalam dua kali pertemuan yang melibatkan anak-anak di lingkungan tersebut. Selama pelaksanaan, antusiasme peserta tampak tinggi, menunjukkan komitmen dan minat yang besar terhadap kegiatan ini. Melalui metode yang interaktif dan menyenangkan, program ini berhasil merangsang motivasi anak-anak untuk membaca dan belajar Bahasa Inggris. Observasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat baca dan kemampuan berbahasa Inggris peserta. Selain itu, orang tua juga melaporkan kepuasan atas perkembangan anak-anak mereka. Penelitian ini memberikan gambaran penting tentang peran serta masyarakat dalam meningkatkan pendidikan anak, dan menekankan pada pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan dan komunitas lokal untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Kata Kunci : Minat baca, Bahasa Inggris, Pengabdian masyarakat, Anak-anak, Linggar Course.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...