Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman
Vol 10, No 2 (2024): December

Perilaku Cyberbullying Siswa SMK: Kajian Literatur Sistematis

Susanti, Nur Ainy Pricillia (Unknown)
Habsy, Bakhrudin All (Unknown)
Christiana, Elisabeth (Unknown)
Hariastuti, Retno Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Along with advances in technology in the current era, of course, it cannot be separated from human life, especially at the teenage stage. Various facilities provide a lot of convenience and comfort with just one "click". Various studies show that teenagers spend more time chatting, such as WhatsApp and other digital media platforms such as Instagram, Facebook, and so on. On the other hand, teenagers are less likely to use technology to access lessons. This chat service has an impact, one of which is the tendency for cyberbullying behavior. This research aims to find out how cyberbullying behavior occurs in vocational school students who are in the adolescent stage of development. The data collection technique uses a literature review by collecting various information and data from journal articles, books, ebooks, surveys, news, etc. relevant to the research topic. The scope of discussion in this research includes understanding cyberbullying behavior, what are the forms of cyberbullying, what factors influence cyberbullying behavior, what impact cyberbullying behavior has on perpetrators and victims, and how to prevent cyberbullying behavior. Cyberbullying behavior is the responsibility of all levels, including guidance and counseling teachers, so that guidance and counseling teachers understand by taking preventive steps to minimize cyberbullying behavior in vocational school students. _____________________________________________________________Seiring dengan kemajuan teknologi pada era sekarang, tentunya tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, khususnya pada tahap remaja. Berbagai fasilitas muncul memberikan banyak kemudahan serta kenyamanan dengan hanya sekali “klik”. Terdaoat berbagai studi yang menunjukkan jika remaja lebih banyak menghabiskan banyak waktu untuk melakukan chatting, seperti WhataApp serta platform media digital lainnya seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya. Sebaliknya remaja kurang dalam pemanfaatan teknologi untuk mengakses pelajaran. Layanan chatting tersebut memberikan dampak, salah satunya adalah kecenderungan perilaku cyberbullying atau perundungan dunia maya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku cyberbullying tersebut yang terjadi pada siswa SMK yang berada pada tahap perkembangan remaja. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tinjauan pustaka dengan mengumpulkan berbagai informasi dan data dari artikel jurnal, buku, ebook, survei, berita, dan lain-lain yang tentunya relevan dengan topik penelitian. Ruang lingkup pembahasan dalam penelitian ini meliputi pengertian perilaku cyberbullying, apa saja bentuk-bentuk cyberbullying, faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku cyberbullying, apa dampak perilaku cyberbullying bagi pelaku dan korban, serta cara mencegah perilaku cyberbullying. Perilaku cyberbullying menjadi tanggung jawab seluruh jajaran termasuk guru BK, agar guru BK memahami dengan melakukan langkah-langkah preventif sehingga perilaku cyberbullying pada siswa SMK dapat diminimalisir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BKA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel ...