Eastasouth Journal of Impactive Community Services
Vol 3 No 02 (2025): Eastasouth Journal of Impactive Community Services (EJIMCS)

Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa SD Al-Hikmah Semarang Melalui Pelatihan Interaktif

Bodroastuti, Tri (Unknown)
Triani, Triani (Unknown)
Nurdhiana, Nurdhiana (Unknown)
Absari, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Pelatihan interaktif untuk peningkatan kemampuan numerasi di SD Al-Hikmah Semarang menunjukkan hasil positif pada pemahaman konsep dan keterampilan matematika siswa. Metode ini mendorong partisipasi aktif dan membantu siswa lebih percaya diri dalam menyelesaikan soal-soal numerasi, terutama melalui kegiatan yang menyenangkan dan mendukung. Siswa tidak hanya belajar menghitung, tetapi juga memahami penerapan konsep numerasi, seperti pengukuran dan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga keterampilan mereka lebih aplikatif dan relevan. Selain itu, pendekatan interaktif juga meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dengan berpikir kritis, menganalisis soal secara bertahap, dan menemukan solusi secara mandiri. Peningkatan ini memperlihatkan bahwa metode interaktif bukan hanya efektif secara akademik tetapi juga mengembangkan aspek afektif, seperti rasa percaya diri dan motivasi siswa. Untuk hasil jangka panjang, disarankan agar pelatihan ini terus dilanjutkan dan divariasikan guna mempertahankan minat belajar siswa serta mengoptimalkan hasil belajar numerasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ejimcs

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Eastasouth Journal of Impactive Community Services (p-ISSN: 2985-6167, e-ISSN: 2964-2256) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel pengabdian masyarakat dari penerapan berbagai disiplin ilmu. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan hasil kegiatan pengabdian masyarakat ...