Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 10 No. 1 (2025): Kelola: Journal of Islamic Education Management

IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIOANAL DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN ABAD 21

Ratna (Unknown)
Besse Herlina (Unknown)
Hj. Syamsiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Kepemimpinan transformasional kepala sekolah harus mampu berperan dalam perubahan paradigma pendidikan, perubahan teknologi, kurikulum dalam menghadapi pembelajaran abad 21 sehingga kepala sekolah dapat mengidentifikasi area utama yang perlu ditangani dalam menerapkan kepemimpinan transformasional untuk menghadapi pembelajaran abad 21 di Sekolah. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memahami, menjelaskan, dan menganalisis implementasi kepemimpinan transformasional dalam menghadapi tantangan pendidikan abad 21. Penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan/studi literatur. Data yang diperlukan dikumpulkan melalui penelitian teks dan dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan studi literature menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional diperlukan sebagai strategi yang mampu mengantisipasi dan mengatasi perubahan yang terjadi dengan cepat di dunia pendidikan. Dengan demikian, implementasi kepemimpinan transformasional dengan 4I (Idealized influence, Inspirational motivation, Intelectual Stimulation, dan Individual Concideration) efektif untuk menghadapi berbagai tantangan pendidikan abad 21 yang kompleks. Singkatnya, kepemimpinan transformasional adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, inovatif, dan berpusat pada siswa. Dengan kepemimpinan yang kuat, organisasi pendidikan dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan. KATA KUNCI: implementasi kepemimpinan transformasional, tantangan pendidikan abad 21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...