Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan serta keefektifan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline bermuatan etnosains pada materi suhu, kalor dan pemuaian untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap (Analysis, Design, Development, Implementation Evaluation). Hasil pengembangan multimedia interaktif ini diuji cobakan kepada kelompok kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba kelas sebanyak 30 siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitaif yang meliputi analisis validitas Aiken’s V, analisis kepraktisan menggunakan persentase dan analisis keefektifan menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan mendapat skor validitas sebesar 0,80, skor kepraktisan 86% dan skor keefektifan sebesar 0,61. Berdasarkan perolehan skor tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan efektif jika digunakan pada pembelajaran IPA dan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Copyrights © 2025