Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 2 (2025)

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI SUHU, KALOR DAN PEMUAIAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP

Aziza, Eltina Ravida (Unknown)
Sholahuddin, Arif (Unknown)
Annur, Syubhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan serta keefektifan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline bermuatan etnosains pada materi suhu, kalor dan pemuaian untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap (Analysis, Design, Development, Implementation Evaluation). Hasil pengembangan multimedia interaktif ini diuji cobakan kepada kelompok kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba kelas sebanyak 30 siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitaif yang meliputi analisis validitas Aiken’s V, analisis kepraktisan menggunakan persentase dan analisis keefektifan menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan mendapat skor validitas sebesar 0,80, skor kepraktisan 86% dan skor keefektifan sebesar 0,61. Berdasarkan perolehan skor tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan efektif jika digunakan pada pembelajaran IPA dan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...