Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan bahan ajar muatan pelajaran IPAS yang menggunakan Model Sistem Pernapasan Manusia (MOSIMPER) dan menekankan pada sistem pernapasan manusia pada siswa kelas V SD. Dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, model ADDIE merupakan metodologi RD yang digunakan pada penelitian ini. Temuan validasi ahli materi mencapai 90,625%, sedangkan hasil validasi ahli media mencapai 91,6%. Hasil pengembangan media pembelajaran memenuhi standar penilaian validasi ahli dan dapat digunakan untuk pembelajaran dengan kriteria “sangat layak”. Hasil uji- T menghasilkan nilai t-hitung 11,342 dari t-tabel 1,692363 memperlihatkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dan untuk melihat peningkatan rata-rata menggunakan uji n-gain didapatkan hasil 0,42 sehingga dapat disimpulkan bahwa media Model Sistem Pernapasan Manusia (MOSIMPER) memiliki tingkat kelayakan yang tinggi dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025