Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa pada proses praktikum mandiri di salah satu sekolah SMP di wilayah kabupaten serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mengguanakan metode survei, sampel yang digunakan adalah siswa kelas 8 MTs Negeri 1 Serang. Populasi 228 siswa dengan jumlah sampel 36 peserta didik. Hasil keterampilan proses sains siswa diperoleh dari pengamatan terhadap RPP dan LKPD yang ada di sekolah serta dengan mengamati langsung proses praktikum secara mandiri yang dilakukan oleh peserta didik. Pada penelitian ini ada 6 aspek keterampilan proses sains yang diamati dalam proses praktikum yang dilakukan secara mandiri oleh peserta didik yakni: pengamatan, klasifikasi, pengukuran, pengkomunikasian dan menarik kesimpulan. Presentase yang didapat pada proses praktikum mandiri pada aspek pengamatan 64,8% masuk ke dalam kategori baik, klasifikasi 64,4% dengan kategori baik, pengukuran 59% kategori cukup, pengkomunikasian 52% kategori cukup dan menarik kesimpulan 48% kategori kurang. Hasil dengan kategori kurang disebabkan oleh beberapa aspek seperti susahnya akses media pembelajaran, kurangnya motivasi belajar dan tidak mendukungnya lingkungan sekitar.
Copyrights © 2025