Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 2 (2025)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMPN 1 SUWAWA MATERI PESAWAT SEDERHANA

Pakaya, Pratiwi (Unknown)
Paramata, Dewi Diana (Unknown)
Buhungo, Trisnawaty Junus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana model pembelajaran inkuiri terbimbing berdampak pada prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Suwawa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-eksperiment. Penelitian inii melibatkan semua peserta didik di kelas VIII SMPN 1 Suwawa, totalnya 107 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan alat hasil belajar. Data dikumpulkan melalui essay yang terdiri dari sepuluh nomor soal. Hasil analisis data penelitian ini adalah uji t test. Hasil analisis hasil belajar siswa menunjukkan H0 diterima dan Haditolak, dengan thitung = 5,761 dan ttabel = 0,021. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki dampak terhadap kinerja siswa di SMPN 1 Suwawa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...