Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 2 (2024): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Optimising the Strengthening of Teachers' TPACK Skills in Developing Media and Learning Resources in Elementary Schools through Google Site

Masnur, Masnur (Unknown)
Danindra, Fuad (Unknown)
Nadar, Nadar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Program pemberdayaan kemitraan masyarakat (PKM) yang bermitra dengan Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Kabupaten Pinrang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan TPACK guru-guru di tiga sekolah dasar di wilayah tersebut. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi mitra, yaitu: keterbatasan dalam pelayanan berbagai layanan, pemahaman dan penerapan konsep TPACK yang terbatas, serta kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan aplikasi untuk membuat media dan sumber belajar. Program ini dirancang untuk memberikan pelatihan dalam pengembangan media dan sumber belajar berbasis teknologi, khususnya menggunakan Google Sites, guna meningkatkan kemampuan TPACK guru. Pelatihan dan pendampingan yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan kinerja mitra dalam mencapai tujuan program kerja dan memperbaiki kualitas pembelajaran. Selain itu, program ini juga selaras dengan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk dosen dan mahasiswa, terutama yang mengambil mata kuliah di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hasil program PKM menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman TPACK guru, yang berhasil mengintegrasikan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten secara efektif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...