Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 5, Nomor 1 Maret 2025

MAKNA SIMBOLIK PEMBUATAN PERAHU SANDEQ SEBAGAI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUKU MANDAR DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Pratama, Muhammad Rifki (Unknown)
Syukur, Muh (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui;1) Makna simbolik yang terkandung dalam proses ritual pembuatan perahu Sandeq, dan 2) Relasi makna proses pembuatan perahu Sandeq dalam mempengaruhi pola hidup masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini adalah 5 orang, ditentukan melalui Purposive Sampling dengan kriteria informan :1) pembuat perahu, 2) tokoh agama, dan  3) nahkoda perahu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik member chek. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Makna simbolik dalam setiap proses pembuatan perahu Sandeq adapun makna dari setiap prosesi ritual yaitu; Mambaca-baca (bentuk rasa syukur serta memohon doa keselamatan dalam mengerjakan perahu Sandeq), Matto’bo’ (pelindung atau tameng perahu dari segala bentuk guna-guna), Pallayarang (pengharapan agar kuatnya tiang layar perahu yang digunakan), Mapposiq (merupakan pusat dari perahu yang percaya sebagai jiwa dari perahu Sandeq), Makkuliwa (bentuk peresmian perahu Sandeq), Mapparondong Lopi (proses penurunan perahu, dengan harapan perahu yang berlayar akan selalu mengingat jalan untuk kembali dan selamat dalam melakukan pelayaran). 2) Relasi makna  proses pembuatan perahu Sandeq dalam mempengaruhi pola hidup masyarakat suku Mandar yaitu; a) Harapan keselamatan dan b) kelimpahan rejeki. Kata Kunci : Perahu Sandeq, Makna, Budaya

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...