Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa di UPT SMA Negeri 4 Bantaeng 2) Hambatan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa di UPT SMA Negeri 4 Bantaeng. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan mengggunakan pendekatan deksriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 8 guru dan 2 siswa kelas UPT SMA Negeri 4 Bantaeng yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru dan siswa; a) guru yang menarik dalam mengajar b) guru yang menjadi  siswa kelas XII UPT SMA Negeri 4 Bantaeng. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa di UPT SMA Negeri 4 Bantaeng yaitu a) menyampaikan informasi b) mengelompokkan siswa ke dalam kelompok belajar secara berpasangan (pair) c) membimbing kelompok berpikir dan berdiskusi (think and share) d) evaluasi hasil pembelajaran siswa dan e) memberikan penghargaan. 2) Hambatan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa di UPT SMA Negeri 4 Bantaeng yaitu a) guru membutuhkan kemampuan dan keterampilan untuk mengendalikan suasana belajar di kelas b) jumlah siswa yang ganjil pada pembentukan kelompok c) siswa bergantung pada pasangan kelompok d) siswa tidak percaya diri dan e) kelas menjadi ribut.Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025