Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui point pada siswa kelas IV SDN 88/VII Penegah II Kec. Pelawan Kab. Sarolangun tahun pelajaran 2024/2025. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil Kemampuan Membaca Intensif Melalui Point. Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sd Negeri 88/VII Penegah II Kec. Pelawan Kab. Sarolangun. Pelaksanaan penelitian dimulai dari Oktober 2024 sampai dengan Desember 2024 dengan subjek penelitian sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca intensif siswa yang didapat melaui tes membaca intensif yang diberikan yaitu pada tahap awal diperoleh hasil ketuntasan belajar secara klasikal 27,7 % dengan rata-rata nilai kelas 57,2, dan pada siklus I sebesar 66,6 % secara klasikal dengan rata-rata 69,4, sedangkan pada siklus II sebesar 88,8 % secara klasikal dengan rata-rata 85,5. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat peneliti simpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan teknik point dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa SD.
Copyrights © 2025