Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika berbantuan media berbasis website terhadap hasil belajar siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan rancangan post-test only control design. Hipotesis awal dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media berbasis website dengan situs Google. Hipotesis tersebut diuji menggunakan uji-z dua sampel independen, hasil uji-z menggunakan bantuan program SPSS diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yakni lebih kecil dari 0,05 dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 68,032 dan kelas kontrol sebesar 47,42. Maka keputusan ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media berbasis website dengan Google site dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika berbantuan media berbasis website dengan Google site berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025