Konsep dan strategi pembelajaran merupakan dua unsur penting dalam terlaksananya proses pembelajaran yang optimal, termasuk pembelajaran pendidikan Islam. Dengan memahami konsep dan strategi pembelajaran maka pendidik mampu menentukan serta merencanakan ke mana arah pembelajaran yang diinginkannya menyesuaikan dengan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan konsep dan strategi pembelajaran di dalam Al-Qur’an agar dapat diimplementasikan dalam sistem pembelajaran pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dengan sumber data yang berasal dari dokumen-dokumen kepustakaan berupa buku-buku dan artikel-artikel jurnal yang relevan dengan pembahasan. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan mengacu pada teknik analisis Miles dan yakni melakukan pengumpulan data, untuk selanjutnya direduksi dan disajikan dalam bentuk deskriptif, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan sesuai dengan data yang telah dianalisis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam Al-Qur’an memuat banyak sekali ayat-ayat tentang pendidikan termasuk pembahasan tentang konsep dan strategi pembelajaran, yang juga mencakup tujuan, materi, dan metode pembelajaran. Ayat-ayat tersebut tidak menyebutkan secara tekstual mengenai teori pendidikan, namun dapat dipahami secara kontekstual dari makna yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik yang ingin memahami lebih lanjut mengenai konsep dan strategi pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an.
Copyrights © 2025