CV Karoseri Laksana merupakan perusahaan karoseri bus. Konsumennya meliputi Operator lokal bus kota, Operator bus antarkota lokal, Operator bus wisatawan, dan perusahaan asing. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Mitra CV Karoseri Laksana, yaitu: (1) Proses pengarsipan dan pencarian barang di gudang Logistik masih dilakukan secara manual sehingga terjadinya Down Time yang berakibat tidak tercapainya target produksi Packing List, (2) karyawan belum mengetahui pentingnya penerapan Internet of Thinks (IoT) dan Artificial Intelegent (AI) (3) Mitra masih melakukan pengarsipan pada buku catatan yang berpotensi hilang maupun rusak dan menumpuk karena keterbatasan lembar halaman pada buku. Metode yang digunakan adalah: (1) Membuat alat bantu sistem informasi berbasis IoT sebagai alat bantu pengarsipan dan pencarian barang pada gudang yang memiliki banyak barang, (2) Pelatihan pengoperasian alat bantu sistem informasi kepada operator gudang, (3) Pelatihan dalam bidang manajemen pengarsipan, pencarian dan pendataan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025