Edukimia
Vol 7, No 1 (2025): Edukimia - Vol. 07, Issue 01

Validitas E-Modul Termokimia Berbasis Guided Inquiry Learning (GIL) Terintegrasi Teaching at The Right Level (TaRL) Fase F Kelas XI

Zahra, Khiestna Az (Unknown)
Iryani, Iryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-modul termokimia berbasis Guided Inquiry Learning (GIL) terintegrasi Teaching at The Right Level (TaRL) fase F kelas XI serta mengungkapkan kategori validitasnya. Penelitian ini yaitu Educational Design Resign (EDR) dengan model Plomp. Model Plomp terdiri dari 3 langkah yaitu investigasi awal, prototipe, serta penilaian. Namun, penelitian ini dibatasi hingga prototipe III yakni tahap uji validitas elektronik modul. Instrumen penelitian yang digunakan yakni angket validitas. Validasi e-modul dilakukan oleh 5 validator, terdiri dari 3 dosen kimia UNP dan 2 guru kimia fase F SMAN 2 Lubuk Sikaping. Hasil validasi dianalisis dengan formula Aiken’s V. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilaksanakan, elektronik modul berada di kategori valid dengan nilai rata-rata V sebesar 0,92. Hasil ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah valid.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukimia

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukimia is an academic journal that published all the studies in the chemistry areas which related to education, learning, teaching, curriculum development, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, research & development, ...