Edukimia
Vol 7, No 1 (2025): Edukimia - Vol. 07, Issue 01

Kajian Literatur Jenis Asesmen dalam Pembelajaran Kimia

Ramadani, Pino (Unknown)
Hilalliyah, Nur (Unknown)
Maulina, Tiara (Unknown)
Syahputri, Salsabila Dia (Unknown)
Ridwansyah, Muhammad (Unknown)
Rahmadani, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran kimia di sekolah sering kali menggunakan teknik asesmen yang kurang tepat untuk mengukur hasil belajar. Pendidik memerlukan asesmen yang tepat untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik yang ingin diukur. Tujuan kajian literatur ini untuk mengidentifikasi jenis-jenis asesmen dalam pembelajaran kimia. Metode yang digunakan ialah narrative literature review. Terdapat 6 jenis asesmen yang dapat digunakan dalam mengevaluasi hasil belajar dalam pembelajaran kimia. Jenis asesmen tersebut yakni asesmen formatif, sumatif, diagnostik, autentik, teman sejawat, dan diri. Setiap asesmen dapat mengukur hasil belajar yang berbeda-beda. Penggunaan teknik asesmen yang tepat dapat membantu pendidik dalam mengevaluasi kelebihan dan kekurangan selama proses pembelajaran kimia sehingga ketercapaian tujuan pembelajaran kimia dapat dievaluasi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukimia

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukimia is an academic journal that published all the studies in the chemistry areas which related to education, learning, teaching, curriculum development, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, research & development, ...