Edukimia
Vol 7, No 1 (2025): Edukimia - Vol. 07, Issue 01

Pengembangan E-Modul Kimia Berbantuan Exe-Learning Berbasis Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Kesetimbangan Kimia

Sidabutar, Anggela Goretty (Unknown)
Dalimunthe, Makharany (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui analisis kebutuhan, tingkat validitas, respon siswa, dan hasil belajar siswa terhadap e-modul kimia berbantuan Exe-learning berbasis Pendekatan Discovery Learning pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah RD dengan model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Medan. Subjek penelitian ini adalah guru kimia SMA sebanyak 2 orang, dosen kimia sebanyak 3 orang, dan siswa dalam satu kelas berjumlah 36 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas yakni kelas XI MIPA 4. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis kebutuhan kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu siswa serta rendahnya tingkat berpikir kritis pada pembelajaran kimia. Berdasarkan validitas menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan kriteria “Layak” dengan rata-rata validasi sebesar 90%, kemudian hasil pengolahan angket respon siswa mendapatkan presentase sebesar 86,88% dengan kriteria “Sangat Menarik”. Selanjutnya, data hasil belajar siswa dianalisis dengan One Sample T-Test pada program SPSS 29.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh nilai Sig 0,05 yaitu 0,002. Hasil data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan e-modul kimia berbantuan Exe-Learning berbasis pendekatan Discovery Learning pada materi kesetimbangan kimia lebih besar dari 78.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukimia

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukimia is an academic journal that published all the studies in the chemistry areas which related to education, learning, teaching, curriculum development, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, research & development, ...