Kementerian Pariwisata (Kemenpar) beberapa tahun terakhir ini cukup gencar melakukan kampanye pariwisata bertajuk Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia menawarkan sejumlah destinasi andalan. Kemenpar menetapkan sepuluh destinasi Bali baru sebagai prioritas, selain pulau Dewata. Untuk pengembangan destinasi wisata tentu tidak terlepas kaitannya dengan identitas dan citra destinasi wisata yang berujung pada upaya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Karena itu, perlu dilakukan kajian untuk menelusuri konsep-konsep atau model-model pengembangan merek destinasi, terutama identitas dan citra destinasi pariwisata melalui studi literatur. Tujuan penelitian dengan studi literatur ini adalah untuk: 1) menelusuri beragam konsep dan model pengembangan merek destinasi pariwisata (destination brand development), termasuk elemen-elemen atau komponen merek destinasi (destination brand components); 2) menemukan dan merangkum model-model identitas dan citra merek destinasi pariwisata (tourism destination brand identity/image) beserta dimensi merek destinasidestination brand dimensions); dan 3) menyiapkan rancangan atau desain instrumen penelitian berdasarkan hasil penelusuran terhadap beragam konsep dan model identitas dan citra merek destinasi pariwisata. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literaturterkait dengan tiga tujuan tersebut. Hasil penelitian ini adalah berupa pemaparan dan rangkuman beragam konsep atau model tentang identitas dan citra merek destinasipariwisata beserta desain instrumen yang diperlukan.
Copyrights © 2018