Jurnal Industri Pariwisata
Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2022

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN VIRTUAL EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM PENERANGAN DI TMII JAKARTA

Miswan, Miswan (Unknown)
Austriana, Sarah (Unknown)
Sukaesih, Uuh (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan Virtual Experience Museum Penerangan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), untuk mengetahui kepuasan pengunjung  Virtual Experience  Museum Penerangan di TMII, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Virtual Experience museum terhadap kepuasan pengunjung Museum Penerangan di TMII. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang sudah mengunjungi virtual experience Museum Penerangan TMII dalam bentuk link google form. Metode analisis dilakukan dengan analisis deskriptif (untuk tujuan 1 dan 2) menggunakan skala interval dari 1 sampai 5, yang selanjutnya dihitung persentase dan rata-rata dan disajikan dalam tabel. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Virtual Experience museum terhadap kepuasan pengunjung Museum Penerangan di TMII digunakan model regresi linear sederhana dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kualitas pelayanan yaitu 4,22 (nilai tertinggi  = 5) termasuk kategori  baik, nilai rata-rata kepuasan pengunjung yaitu 4,04 (nilai tertinggi  = 5) termasuk kategori  puas, kualitas pelayanan Virtual Experience berpengaruh signifikan (signifikan = 0,000) terhadap kepuasan pengunjung Museum Penerangan TMII. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pariwisata

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Articles published on Jurnal Industri Pariwisata are based on research. This journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Sahid which is published twice every year. This journal is intended as one of the media in terms of publishing the results of research ...