Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika

ARTICULATE STORYLINE 3 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF : PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RASIO

Dewa Ayu Putu Tyas Yuli Adelia (Unknown)
Payadnya, I Putu Ade Andre (Unknown)
Noviyanti, Putu Ledyari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi rasio terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif pre-eksperimental, dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 14 Denpasar. Sampel penelitian terdiri dari 12 orang yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Data didapatkan dengan melalui observasi, dokumentasi, serta tes objektif pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t paired sampels statistic dan uji N-Gain dengan bantuan progam SPSS 25. Hasil penelitian mendapatkan N-Gain score sebesar 0,71, yang berarti media cukup efektif. Hasil uji-t paired sampels statistic memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 dan hasil thitung > ttabel yakni 8.228 > 2.201. Dengan demikian, penggunaan Articulate Storyline 3 sebagai media pembelajaran interaktif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi rasio. Dengan media ini, guru dapat mempermudah penjelasan konsep rasio yang meliputi perbandingan dan skala, sehingga siswa mengerti contoh penerapan materi yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pemantik

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies ...