Media audio visual merupakan media cetak berbasis visual yang berfungsi menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk audio dan gambar dengan ukuran cukup besar yang digantung pada suatu penyangga dengan konten didalamnya dapat berupa audio, gambar, dan teks sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan dan kesamaan dari hasil penelitian sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan kekurangan dan kelebihan dari hasil penelitian sebelumnya. Penelitian merupakan penelitian Research and Develoment (R&D), menggunakan metode PLOMP yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: 1) Analisis; 2) Desain dan pengembangan prototipe; dan 3) Evaluasi. Data yang diperoleh menggunakan data kuantitatif yang berasal dari lembar validasi dan angket kepraktisan serta data kualitatif yang berupa komentar atau saran. Sumber data dalam penelitian ini yaitu validator ahli materi dan ahli media, guru dan 6 peserta didik. Berdasarkan hasil uji kevalidan dengan presentase rata-rata hasil validasi materi sebesar 80% dengan kategori valid dan presentase rata-rata validasi media 82,5% kategori valid. Hasil uji kepraktisan kepada respon guru dengan presentase rata-rata 90,22% kategori sangat praktis dan presentase rata-rata respon siswa 94,44% kategori sangat praktis dan valid.rdasarkan hasil validasi diatas bahwa audio visual sangat praktis dan dapat digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa audio visual yang dikembangkan sangat praktis dan dapat diterapkan pada proses pembelajaran IPA di jenjang MTs.
Copyrights © 2025