Jurnal Administrasi dan Manajemen
Vol 15, No 1 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen

Strategi Promosi Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pemberian Batik Tebo

Raafy Hasibuan, Anggy Qurnia (Unknown)
Ferdinal, Alex (Unknown)
Novera, Tesi (Unknown)
Rahazni, Rahazni (Unknown)
Ulpa, Mutia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui strategi promosi berbasis kearifan lokal melalui pengaruh brand image dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian batik Tebo. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, melalui strategi promosi yang mengedepankan kearifan lokal, dan menganalisis pemahaman, kesadaran masyarakat terkait pelestarian budaya batik khas Tebo serta memperluas pangsa pasar di luar wilayah lokal dengan memanfaatkan e-commerce. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik Indepth Interview dan analisis Strutural Equation Modeling (SEM) menggunakan program Partial Least Square. Penelitian ini dilakukan di Rumah Batik Rizki Danan berlokasi di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian; (3) Strategi Promosi berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan pembelian; (4) Terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian; (5) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan persepsi harga terhadap kearifan lokal; (6) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan Strategi Promosi terhadap kearifan lokal; (7) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan Kearifan Lokal terhadap Keputusan Pembelian; (8) Dengan kata lain terdapat pengaruh yang tidak signifikan Brand Image terhadap Keputusan pembelian melalui kearifan lokal sebagai variabel mediasi; (9) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi harga terhadap Keputusan pembelian melalui kearifan lokal sebagai variable mediasi; (10) Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan strategi promosi terhadap jumlah Keputusan pembelian melalui kearifan lokal sebagai variable mediasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

administrasimanajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and ...