Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru MGMP Sejarah melalui digitalisasi metode penelitian sejarah. Dengan memanfaatkan sumber-sumber digital seperti Delpher, Leiden University Libraries, dan Nationaal Archief, pelatihan daring dilaksanakan untuk memperkenalkan penggunaan teknologi dalam pengajaran. Metodologi yang digunakan meliputi survei awal untuk mengidentifikasi kebutuhan peserta, diikuti dengan pelatihan interaktif dan praktik penggunaan sumber digital. Analisis data menunjukkan bahwa 85% peserta mengalami peningkatan pemahaman, 90% merasa lebih percaya diri, dan 75% berencana mengintegrasikan sumber digital dalam pengajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa digitalisasi dapat memperkaya materi ajar dan meningkatkan keterlibatan peserta didik. Kegiatan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengetahuan guru dalam memanfaatkan teknologi untuk pengajaran sejarah yang lebih efektif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025