Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2 No 1 (2025): Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran

Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar

Majid, Abdul (Unknown)
Nurlaila, Nurlaila (Unknown)
Bauti, Veny (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design yang dilaksanakan di SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VI SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima. Penelitian ini melibatkan 22 siswa pada kelas eksperiman dan 20 siswa pada kelas kontrol sebagai sampel penelitian dimana teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kemudian teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif serta independent sample t test. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika pada kelas VI SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima. Hal tersebut ditunjukan dari nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol serta nilai sig-p < 0,05.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

progresivisme

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran adalah jurnal ilmiah nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian, pemikiran, dan kajian ilmiah atau kajian kritis-analitis di bidang pendidikan dan pembelajaran yang memberikan sumbangan pada pemahaman, pengembangan teori serta ...