Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2025): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Make a Match untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa

Umi Rohmatun (Unknown)
Ezif Rizqi Imtihana (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Make a Match. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MIM Ngreco, Tegalombo, Pacitan yang berjumlah 10 siswa. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajran Cooperative Learning Make a Match dapat meningkatkan pemahaman siswa yang signifikan. Nilai rata-rata pada perolehan data awal adalah 64,50 sedangkan perolehan data yang kedua nilai rata-rata siswa yaitu 75,78. hasil ini menunnjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Make a Match menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...