Strategi Pemasaran adalah pengambilan keputusan dan tindakan strategi sebuah perusahan beroperasi untuk mencapai tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Makan Geprek Bensu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan usaha serta kendala yang dihadapi oleh Rumah Makan Geprek Bensu dalam menghadapi persaingan sejenis. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan datanya yakni teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi pemasaran dan upaya untuk kendala yang dihadapi pada Rumah Makan Geprek Bensu ditemukan adanya faktor eksternal dan internal yang dapat berpengaruh pada strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan dengan usaha sejenis adalah dengan menggunakan bauran pemasaran 5P yaitu : produk, harga, promosi, lokasi dan pelayanan. Penelitian ini menekankan pada aspek pendalaman data demikian mendapatkan kualitas dari suatu penelitian. Dalam sebuah rumah makan strategi pemasaran berperan penting dalam penjualan untuk mencapai target penjualan. Kata Kunci : Analisis SWOT, Bauran Pemasaran, dan Strategi Pemasaran
Copyrights © 2025