GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 6 No 1 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI EKOWISATA DAERAH PESISIR DAN PEGUNUNGAN MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (STUDI KASUS PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KOTA KUPANG)

Korenguru, Izzat D J (Unknown)
Bunga, Markus (Unknown)
Riwu, Yonas F (Unknown)
Amtiran, Paulina Y (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas promosi ekowisata daerah pesisir dan pegunungan melalui konsep Electronic Word of Mouth (E-WOM) yang dilakukan pengguna media sosial Instagram di Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang di pilih berdasarkan kriteria tertentu. Instrument penelitian dilakukan dengan metode observasi virtual, wawancara, dan dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram merupakan salah satu media sosial yang efektif untuk melakukan kegiatan promosi ekowisata dengan berbagai fitur yang ada. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa fitur hashtag bukan merupakan faktor utama dalam hal mempromosikan suatu destinasi ekowisata melainkan para pengguna Instagram lebih melihat pada unggahan yang diunggah pengguna lain atau penggunaan geotagging pada unggahan pengguna lain. Kata Kunci : Efektivitas promosi, Ekowisata, Electronic Word of Mouth, Instagram

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

glory

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Prodi Manajemen, Universitas Nusa Cendana Kupang yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian teoritis ataupun empiris, yang bersumber dari review literatur, penelitian lapangan, best practice ataupun kombinasi dari ...