Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan metode interaktif untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dalam proses pembelajaran. Metode interaktif adalah suatu pendekatan di mana siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran melalui interaksi langsung dengan materi pembelajaran, rekan sekelas, guru, dan lingkungan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Dengan sumber informasi yang didapat melalui pengamatan, survei, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode interaktif yang digunakan memberikan dampak yang sangat baik terhadap hasil kemampuan berbicara bahasa Inggris maupun hasil belajar siswa. Dalam metode ini, siswa lebih leluasa berbicara dengan berbahasa Inggris baik itu terhadap guru ataupun teman. Rekomendasi penelitian ini adalah penggunaan metode interaktif dapat dilakukan dengan lebih luas di dalam proses pembelajaran demi meningkatkan efektivitas dan motivasi bagi siswa dalam berbicara bahasa Inggris baik di dalam proses pembelajaran maupun di luar sekolah, sehingga siswa bisa menggunakan kemampuan yang sudah dimiliki dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari
Copyrights © 2025