Journal of Education and Pedagogy
Vol. 2 No. 1 (2025): April

Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Rahmawati, Dinda Silfiya (Unknown)
Rachman, Angraeny Unedia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2025

Abstract

Pendidikan karakter merupakan proses untuk pengembangan potensi yang dimiliki oleh anak melaui penanaman sikap dan perilaku yang berkembang menjadi pembiasaan, sehingga hal tersebut bermanfaat untuk pembentukan karakter sampai dewasa. Orang tua dan guru punya peran terhadapo peningkatan kemampuan daya ingat yang sangat tinggi untuk dapat mengingat informasi yang mereka ingin tahu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi tentang pendidikan karakter kemandirian, gotong royong, dan integritas untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa implementasi pendidikan karakter kemandirian untuk anak usia dini oleh guru anak diajarkan untuk melakukan tugasnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Implementasi pendidikan karakter gotong royong untuk anak usia dini oleh guru anak diajarkan untuk saling menolong. Implementasi pendidikan karakter integritas untuk anak usia dini oleh guru anak akan diajarkan menghargai orang lain, jujur dalam perkataannya, dan sopan santun kepada yang lebih tua agar anak menjadi pribadi yang lebih baik untuk kedepannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Education and Pedagogy dengan E-ISSN 3064-0385 adalah jurnal ilmiah nasional yang didedikasikan untuk memajukan penelitian, teori, dan praktik di bidang pendidikan dan pedagogi. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan platform bagi para akademisi, pendidik, peneliti, dan praktisi untuk ...