Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran problem solving berbasis media multiply cards terhadap hasil belajar siswa kelas II SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen true-experimental, menggunakan desain pretest-posttest control group. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas II SD Negeri 99 Palembang, dengan sampel yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas II.A sebagai kelompok eksperimen dan kelas II.B sebagai kelompok kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test untuk membandingkan perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving berbasis media multiply cards berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika. Temuan ini memberikan bukti bahwa model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi akademik siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran Matematika di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025