Jurnal Farmasi SYIFA
Vol 3 No 1 (2025): Jurnal Farmasi SYIFA

Analisis Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Resep Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Batulicin

Agustina, Ani (Unknown)
Dewi, Rosita (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Monitoring dan evaluasi kualitas pelayanan resep dapat dilakukan dengan mengukur waktu tunggu pelayanan resep dengan kepuasan pasien, dengan menggunakan indikator standar pelayanan minimal (SPM) untuk pelayanan di instalasi farmasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan waktu tunggu pelayanan resep dengan kepuasan pasien di Puskesmas Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Penelitian yang dilakukan adalah deskriptif-analitik, dengan desain cross sectional study, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang diperoleh danalisis menggunakan chi-square test (p<0,05). Hasil penelitian ini adalah waktu tunggu pelayanan resep memiliki hubungan dengan tingkat kepuasan pasien dengan p-value 0,019. Sebanyak 52,4% pasien sangat puas; 38,1% puas; dan 9,5% cukup puas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JFS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Farmasi SYIFA publishes Original Research Articles and Review Articles in all areas of pharmacy and pharmaceutical sciences from the discovery of a drug up to clinical ...