Pembelajaran sains sering dianggap sulit oleh siswa karena keterbatasan media interaktif yang dapat membantu mereka memahami konsep abstrak. Salah satu permasalahan utama dalam pembelajaran materi “Wujud Zat dan Perubahannya” adalah rendahnya pemahaman siswa akibat metode pengajaran konvensional yang kurang melibatkan interaksi dan visualisasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PowerPoint interaktif guna meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respons siswa, dan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PowerPoint interaktif yang dikembangkan sangat valid berdasarkan penilaian ahli, serta praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Implementasi media ini di kelas juga menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Kesimpulannya, media PowerPoint interaktif ini dapat menjadi solusi inovatif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi wujud zat dan perubahannya.
Copyrights © 2025