Indonesian Journal of Education
Vol. 2 No. 1 (2025): Edisi Juni

Pengembangan Media PowerPoint Interaktif pada Materi Wujud Zat  dan Perubahannya dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD

Nabila, Sahra (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)
Siti Mu’minah (Unknown)
Nasharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran sains sering dianggap sulit oleh siswa karena keterbatasan media interaktif yang dapat membantu mereka memahami konsep abstrak. Salah satu permasalahan utama dalam pembelajaran materi “Wujud Zat dan Perubahannya” adalah rendahnya pemahaman siswa akibat metode pengajaran konvensional yang kurang melibatkan interaksi dan visualisasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PowerPoint interaktif guna meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respons siswa, dan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PowerPoint interaktif yang dikembangkan sangat valid berdasarkan penilaian ahli, serta praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Implementasi media ini di kelas juga menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Kesimpulannya, media PowerPoint interaktif ini dapat menjadi solusi inovatif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi wujud zat dan perubahannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Indonesian Journal of Education (IJE) is dedicated to advancing education by publishing high-quality, original research and scholarly articles. The journal serves as a platform for educators, researchers, and practitioners to share knowledge and insights, aiming to improve educational practices ...