JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL
Vol 14 No 1 (2025): FEBRUARI

EVALUASI DAYA DUKUNG PONDASI PADA PERENCANAAN TOWER TELEKOMUNIKASI DI SITE TANDEM HILIR 2 HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG

Harefa, Laskar Elisman (Unknown)
Hia, Elhan Juniar (Unknown)
Endayanti, Masriani (Unknown)
Ginting, Rahelina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Tower disebut sebagai menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa, baik berbentuk persegi panjang atau segi tiga, atau hanya berupa pipa panjang (tongkat), yang bertujuan untuk menempatkan antena dan pemancar radio serta penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. Dalam pembangunan menara Telekomunikasi di Site Tandem Hilir 2 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang menggunakan pondasi bored pile yakni diameter 0,4 m dengan panjang tiang 15 m. Dalam menentukan jenis, ukuran, dan konstruksi pondasi harus memperhatikan jenis / beban bangunan, kondisi tanah, dan faktor lain yang mempengaruhinya baik langsung maupun tidak langsung. Berdasarkan hasil analisa dan perhitungan maka didapatkan hasil 1) Besar kapasitas daya dukung bore pile tunggal dan pondasi tiang grup dengan menggunakan metode mayerhof pada kedalaman 15 m adalah Qg = 315,524 Ton > 288,616 Ton, 2) Efisiensi kelompok tiang bor dengan 4 tiang diperoleh sebesar = 0,776 yang artinya efisiensi daya dukung kelompok tiang sebesar 77,6 %, 3) Dari hasil perhitungan, tiang dengan konfigurasi 4 tiang menghasilkan daya dukung sebesar Qg = 315,524 Ton > 288,616 ton, memberikan hasil yang aman untuk bangunan tower.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tekniksipil

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

The Civil Engineering Scientific Journal of the University of Darma Agung as one of the publication media of academicians, researchers, and practitioners is expected to be able to become a media for the dissemination of information development in Civil Engineering disciplines to the wider community, ...