AT-TA`DIB
Vol. 8 No. 2 (2024): JUNI

PENGARUH SELF-REGULATION TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS V SD

Pramita, Putu Ayu (Unknown)
Surani, Ni Ketut (Unknown)
Margunayasa, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Self-Regulated Learning atau Pembelajaran Mandiri merupakan salah satu strategi pembela-jaran yang tengah menjadi banyak perbincangan di dunia pendidikan. Penelitian terhadap SRL telah banyak dilakukan oleh para praktisi pendidikan. Salah satunya adalah terhadap hubungan SRL dengan Motivasi Berprestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan literature review. Tujuan penelitian ini adalah untuk menge-tahui pengaruh dari SRL terhadap motivasi berprestasi siswa kelas V SD. Penelitian dil-akukan dengan menggunakan metode observasi terhadap motivasi berprestasi siswa kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan SRL sebagai metode pembelajaran di kelas dapat membantu siswa untuk menumbuhkan motivasi berprestasi mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa SRL dan motivasi berprestasi memiliki hubungan yang positif. Kedepannya penelitian terhadap SRL dapat dikembangkan dengan menggali potensi-potensi akade-mik lain yang dapat ditingkatkan disamping motivasi berprestasi siswa.

Copyrights © 2024