Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan, perancangan, dan pengembangan modul pembelajaran dalam konteks pembelajaran seni budaya. Fokusnya adalah menilai kelayakan modul yang telah divalidasi oleh ahli, serta mengetahui respon pengguna terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan. Modul yang dihasilkan bertujuan untuk mendukung pembelajaran seni budaya, khususnya materi prosedur pewarnaan dasar, untuk siswa kelas VII SMP. Peneliti menerapkan model pengembangan ADDIE yang terstruktur dan fleksibel. Pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Proses perencanaan dan perancangan modul dimulai dengan analisis kebutuhan, karakteristik siswa, dan lingkungan sekolah. Pengembangan modul mencakup penentuan bagian-bagian modul dan validasi oleh ahli. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini sangat layak secara konseptual dan teoritis, serta praktik setelah diujicobakan. Modul ini menarik karena dapat meningkatkan pemahaman dan kreativitas siswa, serta memudahkan guru dalam menyediakan media pembelajaran inovatif dalam konteks seni rupa.
Copyrights © 2025