Penelitian ini membahas aspek perkembangan anak, khususnya kemampuan bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kegiatan meronce alfabet dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini kelompok B di Raudhatul Athfal Al Ishlah, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Permasalahan yang dihadapi adalah masih banyak anak yang belum berkembang sesuai harapan dalam mengenal dan menyebutkan alfabet dengan benar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian sebanyak 19 anak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan meronce alfabet dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak secara signifikan. Nilai rata-rata pretest sebesar 2,89 meningkat menjadi 3,47 pada posttest, dengan persentase peningkatan sebesar 20,07%. Selain itu, sebanyak 84% anak menunjukkan perkembangan yang lebih baik dalam mengenal dan menyebutkan huruf dengan benar. Pengujian hipotesis membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Temuan ini mengindikasikan bahwa kegiatan meronce alfabet dapat menjadi metode yang efektif dalam stimulasi kemampuan bahasa anak usia dini. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pendidik dan orang tua dapat menerapkan aktivitas ini sebagai strategi pembelajaran interaktif yang menyenangkan untuk membantu anak mengenal alfabet dengan lebih baik.
Copyrights © 2025