Gear sprocket atau roda gigi merupakan salah satu bagian dari sepeda motor yang berfungsi sebagai transmisi perpindahan gaya. Usia pemakaian roda gigi dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek salah satunya kekerasan pada roda gigi tersebut. Sprocket dapat terjadi keausan disebabkan komponen tersebut menarik beban besar secara terus menerus, namun kekurangan pelumas dan komponen yang saling bergesek antara rantai dan roda gigi. Kekerasan pada material sprocket dapat ditingkatkan dengan berbagai metode salah satunya yang sering digunakan adalah heat treatment dengan proses pack carburizing. Carburizing merupakan proses penambahan karbon (C) pada logam khususnya pada permukaan material, dimana unsur karbon ini diambil dari bahan yang mengandung karbon sehingga kekerasan logam tersebut dapat meningkat. Sedangkan pack carburizing adalah suatu cara karburisasi yang menggunakan bahan media karbon yang berbentuk padat yaitu arang cangkang kemiri. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan bubuk arang cangkang kemiri terhadap sifat mekanik sprocket. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pack carburizing dengan 4 variasi temperatur yaitu 830oC, 860oC, 890oC, 920oC dengan waktu tahan 60 menit dan waktu pemanasan 30. Kekerasan yang diperoleh pada suhu 830oC nilai rata-rata 738,20 HV (ujung), suhu 860oC nilaiĀ  rata-rata 442,87 HV (ujung), suhu 890oC nilai kekerasan yang di dapat rata-rata 465,47 HV (ujung), suhu 920oC nilai rata-rata 418,10 HV (ujung). Hasil pengamatan struktur mikro menunjukkan bahwa spesimen uji sebelum dilakukan pack carburizing tersusun atas struktur ferrite dan pearlite. Setelah dilakukan pack carburizing terbentuk struktur pearlite dan cementite. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa setelah dilakukan pack carburizing terjadi peningkatan kekerasan yang ditandai dengan terbentuknya struktur pearlite dan cementite.Keywords: Sprocket, Pack carburizing, Arang cangkang kemiri, Kekerasan, Metalografi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025