Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 10, No 4: APRIL 2025

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS

Gagaramusu, Yusdin Mahmudin (Unknown)
Wildani, Wildani Wildani (Unknown)
Rizal, Rizal Rizal (Unknown)
Lapasere, Sisriawan (Unknown)
A.R, Muslim (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 9 Mamboro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 9 Mamboro, tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Adapun teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan non-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses kegiatan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam pembelajaran IPAS dikelas IV pada siklus I, memperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 69,56% yang meningkat dari pelaksanaan Pra Tindakan yang memperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 56,52%. Adapun perolehan peningkatan yang didapatkan dari Pra tindakan ke siklus I adalah 13,04%. Selanjutnya pada tahapan siklus ke II, peningkatan hasil belajar siswa semakin terlihat signifikan, dimana hasil presentase ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar 87,39%, yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap siswa kelas IV di SD Negeri 9 Mamboro dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...