Bimbingan Membaca Al-Qur'an (BMQ) merupakan mata kuliah wajib di IAIN Palangka Raya yang menghadapi tantangan signifikan pada level dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan video tutorial sebagai media pendukung pembelajaran BMQ level 1. Menggunakan pendekatan mixed-method dengan desain sequential explanatory, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur (n=15), dan penyebaran angket (n=77). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50,65% mahasiswa mengalami kesulitan dalam pelafalan huruf hijaiyah, 55,84% menyatakan kebutuhan kuat akan video tutorial, dan 51,95% memerlukan variasi metode bimbingan tambahan. Analisis tematik mengungkap kebutuhan spesifik akan video berdurasi pendek (3-5 menit) dengan fitur slow motion pengucapan dan visualisasi titik artikulasi. Temuan ini merekomendasikan pengembangan media pembelajaran digital yang terintegrasi dengan kurikulum BMQ untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Al-Qur'an di perguruan tinggi.
Copyrights © 2025