An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4 No 3 (2025): Januari-April

ANALISIS KEBUTUHAN VIDEO TUTORIAL BIMBINGAN MEMBACA AL-QUR'AN LEVEL 1 BAGI MAHASISWA IAIN PALANGKA RAYA

Norhidayani (Unknown)
Elvira Adyaputri (Unknown)
Hadma Yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Bimbingan Membaca Al-Qur'an (BMQ) merupakan mata kuliah wajib di IAIN Palangka Raya yang menghadapi tantangan signifikan pada level dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan video tutorial sebagai media pendukung pembelajaran BMQ level 1. Menggunakan pendekatan mixed-method dengan desain sequential explanatory, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur (n=15), dan penyebaran angket (n=77). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50,65% mahasiswa mengalami kesulitan dalam pelafalan huruf hijaiyah, 55,84% menyatakan kebutuhan kuat akan video tutorial, dan 51,95% memerlukan variasi metode bimbingan tambahan. Analisis tematik mengungkap kebutuhan spesifik akan video berdurasi pendek (3-5 menit) dengan fitur slow motion pengucapan dan visualisasi titik artikulasi. Temuan ini merekomendasikan pengembangan media pembelajaran digital yang terintegrasi dengan kurikulum BMQ untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Al-Qur'an di perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...