Dunia pendidikan sangatlah berpengaruh bagi seluruh manusia di muka bumi ini. akan tetapi tidak hanya kecerdasan intelektual, namun juga kecerdasan spiritual juga seharusnya harus kita upayakan dengan cara melakukan penerapan yang dilakukan disetiap harinya siswa disekolah, seperti dengan adannya budaya atau kebiasaan diluar kegiatan belajar mengajar yang di terapkan untuk siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi sholat Dhuha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SDS Aplikatif Al-Hidayah As-Shomadiyah, Sukorejo. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan sholat Dhuha melalui pengajaran, keteladanan, dan nasihat kepala sekolah berperan signifikan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa sholat Dhuha dapat menjadi strategi efektif untuk membentuk karakter religius siswa.
Copyrights © 2025