INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama dan Kebudayaan
Vol. 3 No. 1 (2017): Februari 2017

Peningkatan Motifasi Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Melalui Card and Board di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Kediri

Bachrudin, Moch (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2017

Abstract

Pemerintah mulai menerapkan Kurikulum 2013 di lembaga-lembaga pendidikan termasuk madrasah. Semua guru harus memahami dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum yang baru. Namun, dalam kenyataannya belum semua guru termotivasi untuk melaksanakan tugas tersebut. terutama guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kediri yang menjadi obyek penelitian. Melalui pendekatan card and board dapat meningkatkan motivasi guru untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 baik dalam pengembangan model pembelajaran maupun pengembangan penilaian otentik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (96,4%) % guru mengembangkan model pembelajaran, dan (97,1%) telah mengembangkan penilaian.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

inovatif

Publisher

Subject

Education

Description

Inovatif: Jurnal ilmiah terbit setahun dua kali di bidang Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Islam. Inovatif diterbitkan oleh Pusat P This journal should cover a wide range of disciplines, containing studies of religious education and culture based on multiculturalism, local wisdom, transformation in ...