The Indonesian Journal of Computer Science
Vol. 14 No. 2 (2025): The Indonesian Journal of Computer Science

Analisis Performa Penjualan dan Prediksi Omzet dengan Pendekatan Market Basket Analysis Berbasis Data Analytics

Ramadhani, Jilang (Unknown)
Efrizoni, Lusiana (Unknown)
Yenni, Helda (Unknown)
Zoromi, Fransiskus (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Pesatnya perkembangan bisnis ritel menuntut strategi pemasaran berbasis data untuk meningkatkan performa penjualan dan omzet. Penelitian ini menggunakan Market Basket Analysis (MBA) dengan algoritma Apriori untuk mengidentifikasi pola pembelian konsumen dan Regresi Linear Sederhana untuk memprediksi omzet berdasarkan jumlah transaksi harian. Data transaksi Alfamart Wingky Mart periode Maret–September 2024 dianalisis guna menemukan hubungan antar produk serta tren penjualan. Hasil MBA menunjukkan kombinasi produk Bimoli, Gula, dan Tepung memiliki support 42.16% dan confidence 99.37%, yang dapat dimanfaatkan untuk strategi pemasaran. Model regresi menghasilkan R² sebesar 35.65%, menunjukkan hubungan antara jumlah transaksi dan omzet, meskipun masih terdapat faktor lain yang berpengaruh. Penelitian ini memberikan wawasan strategis bagi bisnis ritel dalam optimasi tata letak produk, promosi bundling, serta peningkatan omzet berbasis analisis data.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

The Indonesian Journal of Computer Science (IJCS) is a bimonthly peer-reviewed journal published by AI Society and STMIK Indonesia. IJCS editions will be published at the end of February, April, June, August, October and December. The scope of IJCS includes general computer science, information ...