COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 8 No. 2 (2025)

Strategi guru dalam mengatasi tantangan manajemen kelas di sekolah dasar

Hakim, Farid Luqman (Unknown)
Yusbowo (Unknown)
Patimah, Siti (Unknown)
Firdianti, Arinda (Unknown)
Dilla, Laila Farah (Unknown)
Triana, Nova (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan strategi yang diterapkan oleh guru dalam manajemen kelas di SDN 2 Braja Indah. Tantangan utama yang dihadapi meliputi keragaman kemampuan siswa, gangguan perilaku, kurangnya motivasi siswa, kesulitan dalam memahami materi, serta pengelolaan kelas dengan jumlah siswa yang banyak. Untuk mengatasi tantangan tersebut, guru menerapkan berbagai strategi, antara lain diferensiasi pembelajaran, disiplin positif, penghargaan verbal, penggunaan media visual, diskusi kelompok, dan pengelompokan siswa dalam kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi-strategi tersebut terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif, meningkatkan keterlibatan siswa, serta membantu siswa dalam memahami materi yang kompleks. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan yang fleksibel, adaptif, dan berbasis kebutuhan individual siswa dapat mengoptimalkan proses pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...