Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 5 No. 01 (2025): JURNAL PGMI Al Ibda

ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF THE MODULE BASED CANTOL ROUDHOH METHOD TO DEVELOP THE EARLY READING SKILLS OF GRADE 1 STUDENTS AT SDN 1 TANJUNG ANOM

Rosyidi, Abdilah (Unknown)
Salamun, Salamun (Unknown)
Al Fathan, Kukuh Maulana (Unknown)
Nisa Fariska, Kholifatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode cantol roudhoh berbasis modul dapat mengembangkan kemampuan belajar membaca siswa permula di SDN 1 Tanjung Anom. Metode penelitian ini merupakan penelitian Deskriftif dengan pendekatan Kualitatif, Data dan Sumber data, Metode Analisa Data wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode cantol roudhoh ini dapat mempengaruhi kemampuan membaca siswa dan bisa membangun keunggulan siswa dalam belajar membaca permulaan dengan cara asik dan menyenangkan. Metode cantol roudhoh ini dilaksanakan dengan cara menggunakan titian ingatan, pembacaan modul, penulisan dengan cara dekte dan pengayaan. Kesimpulan yang diperolah dari hasil penelitian ini adalah, penerapan metode cantol roudhoh menggunakan modul mampu mengenalkan anak mengenai huruf dari yang sebelumnya belum lancar dalam membaca sehingga anak mampu membedakan huruf, mampu menyebutkan huruf, serta mampu menyebutkan kata yang ada pada modul cantol roudhoh (titian ingatan). Hal tersebut juga didukung dengan perencanaan pembelajaran, media yang digunakan, pelaksanaan yang baik, serta evaluasi dengan pengulangan untuk mengoptimalkan kemampuan anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alibda

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

AL-IBDA’ merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar yang dikelola oleh Program Studi PGMI STIT Pringsewu. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal AL-IBDA’ menjadi sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dengan kajian ...