Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode cantol roudhoh berbasis modul dapat mengembangkan kemampuan belajar membaca siswa permula di SDN 1 Tanjung Anom. Metode penelitian ini merupakan penelitian Deskriftif dengan pendekatan Kualitatif, Data dan Sumber data, Metode Analisa Data wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode cantol roudhoh ini dapat mempengaruhi kemampuan membaca siswa dan bisa membangun keunggulan siswa dalam belajar membaca permulaan dengan cara asik dan menyenangkan. Metode cantol roudhoh ini dilaksanakan dengan cara menggunakan titian ingatan, pembacaan modul, penulisan dengan cara dekte dan pengayaan. Kesimpulan yang diperolah dari hasil penelitian ini adalah, penerapan metode cantol roudhoh menggunakan modul mampu mengenalkan anak mengenai huruf dari yang sebelumnya belum lancar dalam membaca sehingga anak mampu membedakan huruf, mampu menyebutkan huruf, serta mampu menyebutkan kata yang ada pada modul cantol roudhoh (titian ingatan). Hal tersebut juga didukung dengan perencanaan pembelajaran, media yang digunakan, pelaksanaan yang baik, serta evaluasi dengan pengulangan untuk mengoptimalkan kemampuan anak.
Copyrights © 2025