Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas buku ajar Bahasa Arab kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia berdasarkan standar BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Empat aspek utama yang dievaluasi meliputi kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan grafika. Metode yang digunakan adalah analisis konten, dengan pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan analisis menggunakan teknik reduksi data, kategorisasi, serta penarikan kesimpulan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa buku ini memperoleh kategori "Sangat Layak" pada aspek bahasa (94,28%) dan grafik (95,55%), "Layak" pada aspek penyajian (84,61%), dan kelayakan isi (73,33%). Secara keseluruhan, buku ajar ini dinilai "Sangat Layak" dengan skor akhir sebesar 85,26%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan kualitas buku ajar bahasa Arab di masa mendatang agar lebih sesuai dengan kebutuhan pembelajaran siswa.
Copyrights © 2025