AL-AF'IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya
Vol 9 No 1 (2025): Maret

تحليل الأخطاء في استخدام علامات التّرقيم في الرّسالة العلميّة لدى طلّاب قسم تعليم اللّغة العربيّة

Ananda, Maya Kurnia (Unknown)
Febrianta, Rita (Unknown)
Sadat, Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Tanda baca merupakan sekumpulan tanda yang digunakan dalam tulisan untuk memperjelas arti, memisahkan kata dan kalimat. Dalam penulisan skripsi, tanda baca merupakan salah satu hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Namun, masih terdapat kesalahan penggunaan tanda baca oleh mahasiswa program Pendidikan Bahasa Arab dalam penulisan skripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan dalam penggunaan tanda baca dalam skripsi ilmiah oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Syeikh M. Djamil Djambek Bukittinggi. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif analitis kualitatif. Sumber data adalah 5 skripsi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Berdasarkan analisis skripsi mahasiswa, terdapat 93 kesalahan dalam penggunaan tanda baca yang terdiri dari 43 kesalahan dalam penggunaan titik, 22 kesalahan dalam penggunaan koma, 15 kesalahan dalam penggunaan tanda petik, 7 kesalahan dalam penggunaan dua titik, 3 kesalahan dalam penggunaan tanda tanya, dan 3 kesalahan dalam penggunaan tanda kurung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

afidah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al-AfIdah ialah jurnal pendidikan dan pengajaran bahasa Arab yang berkonsentrasi pada kajian kebahasaan dan pengajaran. Jurnal ini sebagai media pengembangan keilmuan di tingkat prodi pendidikan bahasa Arab yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Sebagai jurnal Pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab ...