Seiring dengan meningkatnya tuntutan masyarakat akan kemahiran bahasa Arab dalam era society 5.0, tantangan pembelajaran akan selalu bermunculan. Misalnya perubahan gaya belajar yang lebih menyukai cara instan, perubahan karakter siswa yang berasal dari dampak kemajuan teknologi, dan rendahnya semangat dalam belajar bahasa Arab. Hal ini yang sangat dikhawatirkan di era society 5.0, jika lambat dicarikan solusi bahasa Arab akan kehilangan eksistensinya. Artikel ini menyoroti bahasa Arab di era society 5.0 dengan kajian atas eksistensi dan tantangan pembelajaran. Metode library research digunakan dalam penelitian ini sebab data utama berasal dari literatur-literatur, seperti buku-buku dan artikel ilmiah terakreditasi nasional maupun bereputasi internasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi bahasa Arab di era society 5.0 tetap eksis sebab bahasa Arab merupakan bahasa ilmu pengetahuan, bahasa komunikasi, bahasa diplomasi dan lain sebagainya. Namun, dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat beberapa tantangan seperti kesenjangan teknologi, minimnya inovasi metode pembelajaran, dan rendahnya motivasi dan minat belajar bahasa Arab.
Copyrights © 2025